kurikulum PSIK UIN Jakarta

Mei 8, 2009 aqies

  1. Tujuan Umum

Menghasilakan profesi Ners (Ns)dengan kualifikasi akademik Sarjana Keperawatan (Skep) yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, mempunyai keunggulan yang kompetitif dalam persaingan global serta mampu mengintegrasikan ilmu keperawatan dan ilmu pengetahuan keislaman sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan kualitas derajat kesehatan bangsa Indonesia.

  1. Tujuan Khusus
    1. Memiliki sikap professional dan islam
    2. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan
    3. Mampu menggelola pelayanan keperawatan di ruang rawat inap
    4. Mampu melaksanakan penelitian sederhana
    5. Mampu berperan sebagai pendidik tenaga keperawatan yang berada di ruang lingkup tanggung jawabnya.
  2. Kompetensi

Kompetensi lulusan program studi ilmu keperawatan di FKIK Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebagai berikut.

  1. Kompetensi dasar
  • Keislaman
  • Kewarganegaraan
  • Bahasa Arab
  • Fiqih Kesehatan dan Qiroah
  1. Kompetensi utama
  • Keterampilam keilmuan dan dasar-dasar keperawatan
  • Keterampilan menerapkan konsep hubungan bantuan (helping relationship)
  • Keterampilan mengumpulkan data dalam proses keperawatan
  • Keterampilan melakukan analisis data dalam proses keperawatan
  • Keterampilan merencanakan asuhan keperawatan dengan melibatkan pasien dan keluarga dalam proses keperawatan
  • Keterampilan melaksanakan tindakan keperawatan
  • Keterampilan melakukan evaluasi dan revisi proses keperawatan
  • Keterampilan melakukan dokumentasi asuhan keperawatan
  • Keterampilan mengelola pelayanan keperawatan keperawatan di ruang rawat inap pada kasus yang lazim terjadi
  • Keterampilan mengelola masalah kesehatan yang lazim terjadi pada individu, keluarga dan masyarakat
  • Kemampuan menjadi anggota tim dalam pelayanan kesehatan
  • Memiliki tanggung jawab profesional
  1. Kompetensi pendukung
  • Keterampilan memanfaatkan berbagai sumber ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi terkini
  • Mampu melaksanakan riset keperawatan tingkat pemula
  • Kemampuan bahasa inggris.
  1. Sistem pembelajaran

Sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan meliputi beberapa kegiatan, ceramah, diskusi kasus, laboratorium dan praktek lapangan baik, secara terstruktur maupun tidak terstruktur, kegiatan pembelajaran tersebut diantaranya adalah:

  1. Kuliah Mimbar
  2. Diskusi Kasus
  3. Laboratorium
  4. Praktek Lapangan/Klinik
  5. Tahap proses pendidikan

Pendidikan keperawatan dibagi dalam dua tahapan, tahapannya yaitu:

  1. Tahap Akademik

Pada tahap akademik mempunyai beban studi sebanyak 151 SKS yang diselesaikan dalam 8 semester

  1. Tahap Profesi

Pendidikan profesi keperawatan dilaksanakan setelah menempuh tahap akademik, bobot 25 SKS yang ditempuh dalam 2 semester.

  1. Deskripsi Mata Kuliah

1)      Kewarganegaraan (Civic Education) 2 SKS

2)      Studi Islam 2 SKS

3)      Aqidah dan Ahlak 2 SKS

4)      Psikologi dalam Keperawatan 2SKS

5)      Bahasa Inggries 2 SKS

6)      Bahasa Arab I 2 SKS

7)      Fisika dalam Keperawatan 2 SKS

8)      Kimia dalam Keperawatan 2 SKS

9)      Biologi dalam Keperawatan 3 SKS

10)  Pengantar Profesi Keperawatan 2 SKS

11)  Anatomi 3 SKS

12)  Metodologi Keperawatan 2 SKS

13)  Ilmu Gizi 2 SKS

14)  Komunikasi dalam Keperawatan 2 SKS

15)  Bahasa Arab II 2 SKS

16)  Bahasa Inggries II 2 SKS

17)  Filsafat Ilmu dan Logika 2 SKS

18)  Konsep Dasar Keperawatan I 2 SKS

19)  Mikrobiologi dan Parasitologi 2 SKS

20)  Etika Umum dan Hukum Kesehatan 2 SKS

21)  Fisiologi 5 SKS

22)  Konsep Dasar Keperawatan II 2 SKS

23)  Antropilogi Kesehatan 2 SKS

24)  Kebutuhan Dasar Manusi (KDM) 3 SKS

25)  Biokimia 3 SKS

26)  Patologi 3 SKS

27)  Kebutuhan Dasar Manusia II (KDM II) 3 SKS

28)  Farmakologi 3 SKS

29)  dll

Entry Filed under: FKIK PSIK UIN

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Mei 2009
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts