kurikulum PSIK UIN Jakarta
Mei 8, 2009
aqies
- Tujuan Umum
Menghasilakan profesi Ners (Ns)dengan kualifikasi akademik Sarjana Keperawatan (Skep) yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, mempunyai keunggulan yang kompetitif dalam persaingan global serta mampu mengintegrasikan ilmu keperawatan dan ilmu pengetahuan keislaman sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan kualitas derajat kesehatan bangsa Indonesia.
- Tujuan Khusus
- Memiliki sikap professional dan islam
- Mampu melaksanakan asuhan keperawatan
- Mampu menggelola pelayanan keperawatan di ruang rawat inap
- Mampu melaksanakan penelitian sederhana
- Mampu berperan sebagai pendidik tenaga keperawatan yang berada di ruang lingkup tanggung jawabnya.
- Kompetensi
Kompetensi lulusan program studi ilmu keperawatan di FKIK Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebagai berikut.
- Kompetensi dasar
- Keislaman
- Kewarganegaraan
- Bahasa Arab
- Fiqih Kesehatan dan Qiroah
- Kompetensi utama
- Keterampilam keilmuan dan dasar-dasar keperawatan
- Keterampilan menerapkan konsep hubungan bantuan (helping relationship)
- Keterampilan mengumpulkan data dalam proses keperawatan
- Keterampilan melakukan analisis data dalam proses keperawatan
- Keterampilan merencanakan asuhan keperawatan dengan melibatkan pasien dan keluarga dalam proses keperawatan
- Keterampilan melaksanakan tindakan keperawatan
- Keterampilan melakukan evaluasi dan revisi proses keperawatan
- Keterampilan melakukan dokumentasi asuhan keperawatan
- Keterampilan mengelola pelayanan keperawatan keperawatan di ruang rawat inap pada kasus yang lazim terjadi
- Keterampilan mengelola masalah kesehatan yang lazim terjadi pada individu, keluarga dan masyarakat
- Kemampuan menjadi anggota tim dalam pelayanan kesehatan
- Memiliki tanggung jawab profesional
- Kompetensi pendukung
- Keterampilan memanfaatkan berbagai sumber ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi terkini
- Mampu melaksanakan riset keperawatan tingkat pemula
- Kemampuan bahasa inggris.
- Sistem pembelajaran
Sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan meliputi beberapa kegiatan, ceramah, diskusi kasus, laboratorium dan praktek lapangan baik, secara terstruktur maupun tidak terstruktur, kegiatan pembelajaran tersebut diantaranya adalah:
- Kuliah Mimbar
- Diskusi Kasus
- Laboratorium
- Praktek Lapangan/Klinik
- Tahap proses pendidikan
Pendidikan keperawatan dibagi dalam dua tahapan, tahapannya yaitu:
- Tahap Akademik
Pada tahap akademik mempunyai beban studi sebanyak 151 SKS yang diselesaikan dalam 8 semester
- Tahap Profesi
Pendidikan profesi keperawatan dilaksanakan setelah menempuh tahap akademik, bobot 25 SKS yang ditempuh dalam 2 semester.
- Deskripsi Mata Kuliah
1) Kewarganegaraan (Civic Education) 2 SKS
2) Studi Islam 2 SKS
3) Aqidah dan Ahlak 2 SKS
4) Psikologi dalam Keperawatan 2SKS
5) Bahasa Inggries 2 SKS
6) Bahasa Arab I 2 SKS
7) Fisika dalam Keperawatan 2 SKS
8) Kimia dalam Keperawatan 2 SKS
9) Biologi dalam Keperawatan 3 SKS
10) Pengantar Profesi Keperawatan 2 SKS
11) Anatomi 3 SKS
12) Metodologi Keperawatan 2 SKS
13) Ilmu Gizi 2 SKS
14) Komunikasi dalam Keperawatan 2 SKS
15) Bahasa Arab II 2 SKS
16) Bahasa Inggries II 2 SKS
17) Filsafat Ilmu dan Logika 2 SKS
18) Konsep Dasar Keperawatan I 2 SKS
19) Mikrobiologi dan Parasitologi 2 SKS
20) Etika Umum dan Hukum Kesehatan 2 SKS
21) Fisiologi 5 SKS
22) Konsep Dasar Keperawatan II 2 SKS
23) Antropilogi Kesehatan 2 SKS
24) Kebutuhan Dasar Manusi (KDM) 3 SKS
25) Biokimia 3 SKS
26) Patologi 3 SKS
27) Kebutuhan Dasar Manusia II (KDM II) 3 SKS
28) Farmakologi 3 SKS
29) dll
Entry Filed under: FKIK PSIK UIN
Tinggalkan komentar